Harap Tunggu ...

Progres Sirkuit Mandalika Sampai 97%, Pengelola: Tercepat & Termurah!

October 14, 2021 | Zenal Muttaqin

Jakarta - Pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah 97%. Secara keseluruhan semua jalan telah teraspal, tinggal detail dan fasilitas pendukungnya saja.

"Track kita confirm bahwa 97% sudah jadi. Katakanlah akhir Oktober semua track 100% insyaAllah sudah jadi," kata Kepala Divisi Operasional MGPA Dyan Dilato di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (13/10/2021).

Dyan mengatakan sirkuit Mandalika ini merupakan yang tercepat dan termurah di dunia dalam segi pengeluaran. Biaya yang telah dikeluarkan untuk track sendiri sebesar Rp 950 miliar.

"Untuk track kita keluar Rp 950 miliar. Kalau dengan sirkuitnya Rp 1,7 triliun sampai Rp 1,8 triliun. Kalau dihitung ini track yang paling murah di dunia. Paling cepat dan paling (murah)," tuturnya.

Dalam pembiayaannya, sirkuit Mandalika dilakukan tanpa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan APBN. Ini murni kerja sama antar BUMN termasuk Bank Himbara yang memberikan kredit investasi pembangunan hingga kredit modal kerja.

"Ini adalah kebanggaan untuk masyarakat Indonesia. Ini satu-satunya sirkuit tidak ada APBD apalagi APBN. Murni adalah komersial dari ITDC yang punya lahan, MGPA ini yang menjalankan," jelasnya.

Apa saja fasilitas pendukung yang segera rampung? Lihat di halaman berikutnya.

Fasilitas pendukung sirkuit Mandalika yang masih perlu diselesaikan seperti pit building (50 garasi dengan 2 lantai), paddock, hingga medical facility.

"Itu adalah modular seperti kayak rumah sakit COVID dibikin oleh salah satu kontraktor. Sekarang sudah on the way kita rencananya itu dipasang minimal sebelum World Superbike sudah ada dan itu dibangun sekaligus dengan listriknya, dengan Telkom-nya," imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat sirkuit Mandalika bakal menggelar tiga acara bergengsi sekaligus yakni Asia Talent Cup 2021 pada 12-14 November 2021, World Superbike (WSBK) 19-21 November 2021, dan setelahnya MotoGP pada Maret 2022 mendatang.

Sumber:Detikfinance

IARFC Indonesia
Hubungi Kami