Harap Tunggu ...

OJK Ungkap TaniFund Belum Ajukan Tim Likuidasi setelah Izin Usaha Dicabut

June 12, 2024 | IARFC Indonesia

Sebagai informasi, OJK telah mencabut izin usaha TaniFund pada 3 Mei 2024 melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-19/D.06/2024.

"Saat ini TaniFund belum mengajukan Tim Likuidasi," ujar Agusman, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK dalam jawaban tertulis, Selasa (11/6/2024).

Sebelumnya, regulator telah TaniFund untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan melakukan pembentukan tim likuidasi pasca pencabut izin usaha.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan OJK (POJK) Nomor 10 Tahun 2022, di mana dalam pasal 85 peraturan tersebut berbunyi penyelenggara yang dicabut izin usahanya wajib menyelenggarakan RUPS untuk memutuskan pembubaran yang bersangkutan dan membentuk tim likuidasi paling lama 30 hari kalender sejak tanggal dicabutnya izin usaha.

Agusman menambahkan berdasarkan pemeriksaan dan pendalaman yang dilakukan terhadap TaniFund, OJK menemukan adanya dugaan pelanggaran tindak pidana umum. Saat ini, lanjutnya, proses hukum oleh apparat penegak hukum terhadap dugaan tindak pidana TaniFund sedang berjalan.

Dia juga menjelaskan pencabutan izin usaha terhadap TaniFund merupakan proses penegakan kepatuhan atau

Adapun, berdasarkan neraca penutupan

Sementara itu, jika dilihat dari situs resminya, jumlah pinjaman tersalurkan Rp520,9 miliar dengan total yang dibayar Rp398,3 miliar. Jika mengacu data tersebut, nilai pinjaman yang belum dikembalikan senilai Rp122,4 miliar.

Kronologi Pencabutan Izin Usaha TaniFund

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam keterangan resminya menyampaikan kronologi pencabutan izin usaha TaniFund.

Sebelum akhirnya menetapkan pencabutan izin, regulator terlebih dahulu melakukan langkah-langkah pengawasan (

OJK juga telah melakukan komunikasi dengan pengurus dan pemegang saham secara intens untuk memastikan komitmen penyelesaian permasalahan TaniFund.

Namun demikian, lanjut Aman, sampai dengan batas waktu yang ditentukan, pengurus dan pemegang saham tidak dapat menyelesaikan permasalahan. “Sehingga TaniFund dikenakan sanksi pencabutan izin usaha,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di

Sumber : Bisnis.com

Hubungi Kami