Financial Planner & Wealth Manager

Dunia keuangan kian berkembang dan menjadi semakin luas. Lembaga keuangan seperti Perbankan bukan merupakan satu-satunya tempat masyarakat menyimpan dana. Keberadaan lembaga Asuransi dengan produk investasinya, sekuritas, serta Manajer Investasi dengan produk investasi dan reksadana yang secara luas ditawarkan telah mengakibatkan kompetisi diantara berbagai lembaga keuangan untuk menarik dana masyarakat menjadi semakin ketat dan kompetitif.

Seiring dengan keinginan pemerintah untuk menghapus/ membatasi program penjaminan dana pihak ketiga yang ditempatkan di perbankan nasional, perbankan harus telah memikirkan jalan keluar untuk mempertahankan agar nasabah mereka tidak berpindah ke tempat lain dan terus bersedia menempatkan dananya. Untuk itu, hubungan antara perbankan dengan nasabah harus semakin terjalin dengan efisien dan lebih baik, antara lain dengan jasa layanan dan kualitas produk perbankan yang semakin meningkat dan lebih baik.

Perkembangan jasa layanan lembaga keuangan di dunia telah memasuki era baru dengan diperkenalkannya jasa layanan Perencanaan Keuangan atau yang secara lazim di perbankan disebut juga dengan Wealth Management. Akan tetapi ilmu Perencanaan Keuangan atau Wealth Management relatif masih sangat baru, khususnya di Indonesia. Oleh sebab itu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam industri perbankan, khususnya dalam bidang Wealth Management, harus dilakukan dengan program pendidikan dengan konsep dan wawasan global yang mengutamakan aspek integratif dalam pemberian layanan jasa perencanaan keuangan bagi para nasabah utama perbankan.

Salah satu program pendidikan yang telah memenuhi kriteria tersebut adalah program Perencana Keuangan yang diselenggarakan oleh International Association of Registered Financial Consultants (IARFC). Sebagai salah satu asosiasi Perencana Keuangan bertaraf internasional, program pendidikan dan gelar Perencana Keuangan dari IARFC telah diuji dan dijalankan selama bertahun-tahun di seluruh dunia.

Di Indonesia, perwakilan IARFC telah didirikan secara resmi pada tahun 2003 dengan komitmen yang tinggi dalam memajukan industri Perencana Keuangan di Indonesia. Sejak berdiri, IARFC Indonesia berusaha memenuhi kebutuhan terhadap pendidikan Perencana Keuangan serta memberikan Gelar bagi Perencana Keuangan dan Wealth Manager yang telah memenuhi kriteria.

International Association of Registered Financial Consultants